MENU TUTUP

Gubri dan Rektor UNP Hadiri Pelantikan Pengurus DPD Iluni UNP Se-Riau

Jumat, 29 September 2023 | 20:32:04 WIB | Di Baca : 1795 Kali
Gubri dan Rektor UNP Hadiri Pelantikan Pengurus DPD Iluni UNP Se-Riau

 

Seriau,- Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Kabupaten/Kota Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Negeri Padang (UNP) Provinsi Riau  terasa istimewa.

Pelantikan dilakukan di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru ini langsung di hadiri oleh Gubernur Riau H. Syamsuar dan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri, Ketua DPP Iluni UNP Nadirman. Hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr Kamsol dan Rektor Unilak Prof Junaidi.

Para pengurus periode 2023-2027 itu dilantik oleh Ketua DPW Iluni UNP Provinsi Riau, Dr Arden Simeru. Dihadapan pengurus DPD Iluni UNP, Dr Arden mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan upaya memperkuat jaringan alumni yang tersebar di 12 kabupaten/kota. Menurut dia, alumni di Riau jumlahnya lebih dari 20 ribu orang. Sebagian besar berkiprah di dunia pendidikan. Sebagian lagi berkiprah di profesi lainnya.

" Kepada seluruh alumni, marilah kita bersinergi dan berkolaborasi untuk berupaya memajukan Riau. Karena dimanapun kita berada harus memiliki peran lebih bagi lingkungan sekitar," kata Arden yang juga Kabid SMK Disdik Riau ini.

Arden mengajak semua alumni menjadikan Iluni UNP di Provinsi Riau sebagai wadah berkumpul dan bersilaturahmi.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pengukuhan DPD Iluni UNP. Dia berharap dengan pengukuhan ini bisa membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan ilmu apa saja sesuai kompetensi seluruh alumni.

" Saya bangga jika para alumni membantu pemerintah kabupaten kota dalam meningkatkan kualitas SDM di Riau. Karena ke depan yang harus jadi prioritas pembangunan adalah SDM," katanya.

Bakal rugi Riau yang punya kekayaan alam jika tidak diimbangi dengan SDM-nya. Karena itulah, selama menjabat, Syamsuar mengaku sudah membuat terobosan-terobosan di bidang pendidikan. Contohnya adalah Peraturan Gubernur Riau tentang vokasi.

Pergubri ini tidak ada di daerah lain. Bahkan, Peraturan Presiden terkait pendidikan vokasi terbit belakangan. Itulah kenapa Gubernur mengaku sempat diundang Menteri Perekonomian untuk menerima langsung Perpres tentang Vokasi sebagai penghargaan sudah lebih dahulu menunjukkan kepedulian pada pendidikan vokasi.

Selain itu, Syamsuar juga menekankan pentingnya menghidupkan budaya lokal. Karena, negara lain, seperti Jepang bisa maju karena menjunjung kebudayaan negerinya. Karena itu, Gubri mengajak semua pihak peduli dengan budayanya. Termasuk menjaga kelestarian bahasa daerah.

Ada juga Pergubri yang berkenaan pembelajaran tentang bahaya narkoba. Hal ini penting, kata Syamsuar, karena generasi muda sangat rentan terpengaruh narkoba. Apalagi, Riau menjadi salah satu pintu masuk narkoba yang mungkin terbanyak di Indonesia.

Rektor UNP Prof Ganefri berpesan agar alumni bisa tunjukan potensi terbaiknya untuk membangun Riau. Anak Riau yang menimba ilmu pendidikan di UNP sangat banyak. 
pengurus DPD Iluni UNP yang baru saja dilantik ini harus bisa menjadi wadah pemersatu, perekat alumni UNP yang ada di Riau.

Sementara itu, Ketua Umum PP Iluni UNP, Drs Nadirman MM mengingatkan perkembangan Artificial Inteligent (AI) yang saat ini sangat penting. Bahkan, banyak pekerjaan yang sudah bisa digantikan dengan AI.

Menurut dia, gap teknologi dengan pendidikan masih tergolong jauh. Bahkan, di dunia industri ketika merekrut fresh graduate, ternyata sulit mendapat pekerja yang praktis. Hal ini tentunya menjadi permasalahan (zal)
 


Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

SE Kadisdik Riau Tentang Larangan Perpisahan di Hotel Dinilai Forkom Waktunya Kurang Tepat

2
Ketua TKD: Ini Kemenangan Masyarakat

Prabowo & Gibran Ditetapkan Jadi Presiden Wakil Presiden Terpilih

3

PT Putra Kemasindo di Sidak  Komisi IV,  Di Warnai Adu Mulut

4

Jalan Simpang SKA Di Perlebar, Ginda: Kita Dukung Semoga Cepat Terlaksana

5

DPC PDI-P Rohil Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah Pilkada 2024